News & Announcements
May 31, 2018
Lebih lanjut, berjalan dengan baby walker hanya akan memperkuat kedua tungkai bawah, sedangkan kekuatan tungkai atas (paha) dan pinggul yang sangat dibutuhkan untuk berjalan menjadi tidak terlatih. Di samping itu, penggunaan baby walker untuk bayi juga membuatnya tidak bisa melihat kakinya, tidak belajar cara menyeimbangkan tubuh dan berjalan dengan cara yang salah (ditopang ujung jari kakinya bukan dengan telapak kakinya). Karenanya, daripada memakaikan baby walker, lebih baik berikan mainan dorong dengan penopang atau kursi plastik kecil untuk didorong-dorong oleh bayi Anda yang sedang belajar berjalan.

Bahaya pemakaian baby walker pada bayi usia dini

Dengan baby walker, bayi menjadi lebih tinggi dan lebih mudah bergerak. Namun, bayi bergerak bukan dengan berjalan tapi dengan cara mendorong dari jari kaki sambil bersandar pada keliling baby walker, sehingga bayi yang belum bisa mengontrol gerakan dan kecepatannya akan mudah sekali celaka. Bayi akan bergerak lebih jauh ke area yang tidak aman baginya dan mencoba meraih benda di tempat tinggi yang mungkin berbahaya, seperti pisau, kabel listrik, kompor, minuman panas, benda berbahan kaca, dll. Bahaya baby walker lainnya termasuk terjungkal pada permukaan yang tidak rata, terjepit jarinya, jatuh ke kolam ataupun jatuh dari tangga.

Selain itu, kelainan fisik pada anak seperti dada datar, paru-paru terhambat, perubahan bentuk tulang punggung, dan cacat kaki seringkali diakibatkan penggunaan baby walker untuk bayi. Hal ini dikarenakan tulang pada bayi masih lunak dan lentur, dan jika dipakaikan alat-alat bantu tersebut agar bisa menopang berat tubuhnya pada usia terlalu dini, akibatnya akan seperti sebatang tongkat elastis yang tertekuk oleh beban, menjadi melengkung dan berubah bentuk.

Kelainan fisik tersebut memang masih mungkin diperbaiki jika diketahui sejak dini, bahkan setelah lekukan nyata sudah terjadi, namun kerusakan telah terjadi. Pengobatannya meliputi penggunaan alat-alat yang akan membantu memperkuat kerangka dan meningkatkan kesehatan anak secara keseluruhan, dan menghindari penyebab awal kelainan fisik tersebut dengan tidak mengijinkan anak untuk menggunakan kakinya untuk berjalan untuk sementara waktu. Sesudah beberapa bulan, tungkai kakinya akan kembali normal, tulangnya dan ototnya menjadi kuat dan bayi mungkin sudah bisa diijinkan untuk berdiri dengan kakinya tanpa resiko terjadi cacat yang sama kembali.

Memang ada manfaat menggunakan baby walker untuk bayi, namun dengan semua efek negatif dan bahaya penggunaan baby walker untuk bayi terutama pada bayi yang masih kecil, pemakaian baby walker sebaiknya dihindari. Sebaliknya, latihlah anak belajar berdiri dan berjalan dengan alami, dengan berpegangan pada benda disekitarnya.



pusatgrosir.id

Menyediakan berbagai kebutuhan grosir anda berupa perlengkapan bayi, pakaian dalam pria dan wanita, kaos kaki, sarung tangan,
handuk, fashion anak, sapu tangan, selimut, dll baik lokal maupun import

Telp klik -> 0896 7705 7089     WA klik -> 0813 3413 4186     E-Mail : pusatgrosironline@ymail.com