Phone Icon
0813 3413 4186

Bahaya Tidak Mengganti Celana Dalam yang Harus Diketahui


Tidak mengganti celana dalam setiap hari ternyata merupakan sebuah kebiasaan dari sebagian orang. Ditemui pada salah satu survey kebersihan, 13% jumlah pesertanya mengenakan pakaian dalam yang sama lebih dari seminggu.

Memakai pakaian dalam secara berulang memang sudah dianggap sebagai hal wajar. Tapi, itu merupakan hal yang salah dan sangat berdampak bagi kesehatan organ vital bagian bawah Anda.

Dapat diibaratkan bahwa mengganti pakaian dalam adalah hal yang sama dengan menyikat gigi. Keduanya kegiatan tersebut perlu dilakukan setiap hari karena sama-sama penting untuk menjaga kebersihan.

Sudah menjadi aturan bahwa Anda harus mengganti pakaian dalam setiap harinya dan mencucinya sebelum mengenakannya kembali. Dengan menggantinya, Anda jelas akan merasa nyaman dan terhindar dari berbagai penyakit.

Tidak Mengganti Celana Dalam Dapat Berbahaya

Topik ini mungkin sering dianggap tabu oleh sebagian besar masyarakat. Ini dikarenakan topiknya merupakan hal yang sangat pribadi dan tentunya hanya diketahui oleh tiap individunya saja.

Namun, topik ini memiliki informasi kesehatan yang penting diketahui oleh setiap orangnya. Seperti yang diketahui bahwa tidak mengganti pakaian dalam dapat menimbulkan penyakit, atau bahkan alergi pada alat kelamin Anda.

Underwear atau celana dalam berfungsi untuk menutup dan membungkus organ intim milik Anda. Gunakan underwear dengan bahan terbaik agar Anda tetap merasa nyaman ketika menggunakannya.

Belakangan ini, masyarakat melakukan WFH yang mungkin membuat Anda merasa malas untuk mengganti pakaian baik luar maupun dalamnya. Ketika malas untuk menggantinya, Anda akan terkena berbagai risiko.

Risiko tidak mengganti celana dalam dapat berupa risiko ringan seperti gatal pada area kemaluan. Ada juga berbagai risiko berat dan berbahaya seperti terkena infeksi pada saluran kemih.

Aturan umum yang seharusnya diterapkan untuk mengganti pakaian dalam adalah sekali dalam sehari. Ini akan membantu Anda terhindar dari penumpukan bakteri dari keringat serta kelembapan pada kulit yang menyebabkan iritasi.

Anda juga dapat menggantinya setiap mandi, atau dua kali sehari. Dengan ini, Anda akan terhindar infeksi jamur akibat underwear kotor dan terkadang terdapat sisa buang air yang tertinggal.

Bahaya Tidak Mengganti Celana Dalam

Underwear merupakan pakaian yang paling dekat dengan area sensitif atau organ intim. Area ini membutuhkan perawatan khusus karena pada organ tersebut banyak mengeluarkan cairan yang kemungkinan akan membuatnya kotor.

Area intim yang kotor akan menjadi sarang bakteri jika Anda jarang mengganti underwear. Berikut di bawah ini merupakan beberapa bahaya yang akan menyerang ketika jarang mengganti celana dalam.

1. Timbul Rasa Gatal
Sebagai manusia, tentu wajar ketika mengeluarkan keringat termasuk pada area kemaluan. Keringat akan terserap ke underwear dan memicu pertumbuhan bakteri yang membuat area tersebut gatal.

2. Timbul Bau Tidak Sedap
Bakteri akibat keringat dan underwear lembab akan memicu timbulnya bau busuk. Maka dari itu, beberapa orang memberikan sedikit ruang udara agar area tersebut tidak lembab dan berbau.

3. Infeksi Jamur
Infeksi jamur terjadi karena adanya penyebaran bakteri ke seluruh area kemaluan. Dengan menggunakan underwear kotor, Anda akan membantu penyebaran dan perkembangbiakan bakteri sehingga menumpuk banyak.

4. Muncul Ruam Pada Kulit
Kondisi ini disebabkan oleh lembabnya area kemaluan, akibatnya kuman dan kotoran lainnya dapat masuk melalui pori-pori sehingga terjadi ruam. Ruam tersebut dapat berubah hingga menjadi benjolan kemerahan.

Menjaga organ intim dapat dilakukan dengan cara sederhana seperti mengganti celana dalam. Anda juga perlu mengedukasi diri tentang bahaya tidak mengganti celana dalam agar terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Pusat Grosir menyediakan berbagai jenis pakaian dalam untuk anak maupun dewasa. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Whatsapp Icon