Phone Icon
0813 3413 4186

3 Cara Membersihkan Mainan Gigitan Bayi - Sangat Aman


1. Membersihkan dengan lap bersih saat baru terjatuh

Biasanya ketika bayi bermain dengan mainan gigitan maka biasanya tidak selalu bisa tergigit dengan sempurna. Beberapa bayi tidak mau memegang mainan sehingga alat mainan ini sangat mudah terjatuh. Jika Anda tidak bisa menemukan wastafel atau air maka sediakan lap atau handuk bersih yang khusus untuk membersihkan mainan anak. Segera lap hingga bersih agar tidak ada kuman penyakit yang masuk ke tubuh anak. Memang lap atau handuk bersih tidak bisa menjamin maianan bersih dan kuman atau kotoran tapi paling tidak bisa mencegahnya dengan baik. Anda juga harus selalu membersihkan handuk yang digunakan secara rutin.

2. Merendam mainan dengan air panas

Kuman dan semua jenis kotoran memang bisa masuk atau terdapat pada mainan gigitan bayi. Kuman yang masuk bisa menyebabkan bayi terkena diare, disentri, cacingan dan jenis penyakit lain. Karena itu Anda harus membersihkan secara rutin. Salah satunya adalah dengan merendam mainan tersebut dalam air panas. Rendam saja dalam air panas tapi tidak mendidih selama kurang lebih 30 menit, setelah itu keringkan dengan lap bersih dan biarkan terkena udara hingga benar-benar kering. Pastikan Anda memberi jarak waktu sebelum diberikan pada bayi Anda.

3. Gunakan spon penggosok

Jika mainan anak memiliki banyak sisa makanan atau bahan lain yang menempel pada maianan gigitan maka Anda bisa mencoba menggunakan spon penggosok. Anda bisa menggunakan spon penggosok khusus yang memang digunakan untuk mainan anak. Ini sangat efektif untuk membersihkan kotoran yang mengeras dan jamur. Kemudian Anda bisa merendam mainan dalam air hangat selama kurang lebih 15 sampai 30 menit.

Whatsapp Icon