Asal Usul Sebutan BH, Ternyata Sudah Ada Sejak Penjajahan - Pusat Grosir
Phone Icon
0813 3413 4186

Asal Usul Sebutan BH, Ternyata Sudah Ada Sejak Penjajahan


Asal Usul Sebutan BH


Setiap wanita yang sudah pubertas tentunya mengalami perubahan pada bentuk tubuhnya. Perubahan tersebut terjadi terutama pada bagian dada, dimana lama-kelamaan payudara akan tumbuh membesar. Sehingga perlu mengenakan BH untuk bisa menopang beban bagian dada. Anda harus memilih BH dengan kualitas terbaik agar nyaman digunakan dan tahan lama, temukan BH terbaik di distributor pakaian dalam favorit Anda.

Berbicara soal BH, sudahkah anda tahu apa itu BH? Lantas bagaimana asal mula BH? Mengapa bisa disebut BH? Pasti anda juga bertanya-tanya dan ingin tahu jawabannya. Cari tahu jawabannya di sini yaps!

Asal Usul Kata BH


Sudahkah anda tahu bagaimana cerita asal usul dari BH? Nah disini akan kami ulas sejarah asal usulnya. BH sendiri sudah ada sejak lama, bermula saat masa penjajahan Belanda berlangsung. Pada proses pembuatan jalan pos di Anyar hingga Panarukan, banyak memperkerjakan budak-budak baik laki-laki maupun perempuan.

Ditengah proses kerja, mereka tidak diperkenankan menggunakan pakaian hanya menggunakan cawat atau celana dalam saja tanpa menggunakan penutup bagian dada terutama perempuan. Dibawah komando kepercayaan Daendels asal bangsa Perancis yang bertugas bernama Don Lopez Comte De Paris merasa tidak nyaman dengan suasana tersebut.

Oleh karena itu, Ia berinisiatif untuk memberikan penutup bagian dada berupa sepotong kain kepada para budak perempuan. Sehingga Ia tak lagi merasa risih. Tentu saja hal itu membuat mereka bingung, apa maksud sang komandan? Karena pada era itu perempuan tanpa penutup dada hal yang lumrah. Namun, setelah mendengar penjelasan yang diberikan barulah mereka mengerti bahwa bagian dada mereka adalah hal yang berharga dan harus ditutup menggunakan BH atau penutup payudara.

Dari situlah BH mulai dikenal oleh kaum perempuan di Indonesia, dan mereka menggunakan BH dalam kegiatan sehari-hari.

Kepanjangan kata BH


BH adalah singkatan dari Breast Hidden yang artinya adalah penutup payudara. Orang Inggris menyebutnya Breast Holder. Sedangkan bangsa belanda menyebutnya Buste Houder sementara bangsa perancis memiliki sebutan sedikit agak berbeda yaitu brassiere yang kalau disingkat menjadi bra. Nah, kalau di Indonesia kebanyakan menyebutnya sebagai kutang diambil dari bahasa Belanda yaitu coutant yang artinya berharga.

Arti dari penyebutan kata bra


Sudahkah anda tahu mengapa pakaian dalam wanita ini disebut Bra? Yaitu singkatan dari brassiere yang diambil dari bahasa Perancis. Sedangkan menurut KBBI Bra adalah penutup payudara yang biasa dikenakan oleh para wanita. Tak hanya sebagai penutup saja melainkan juga dapat menopang payudara, menjaga kesehatan tulang belakang, menjaga bentuk tubuh, menjaga tingkat keelastisan payudara dan lainnya. Oleh karena itu, adanya bra sangat membantu sekali terutama bagi kaum perempuan.

Entah mengapa di Indonesia, mereka lebih banyak menyebutnya BH daripada bra. BH merupakan singkatan dari kata Buste Houder yang diambil dari bahasa Belanda yang artinya penopang payudara. Namun kedua sebutan tersebut masih memiliki arti yang sama saja.

Sebutan bra terjadi pertama kali pada saat kantor paten dan merek di Amerik meresmikan hak paten kepada Mary Phelps J terhadap pakaian dalam yang ia buat bernama 'Brassiere' tersebut pada tahun 1914. Dari situlah kata bra mulai dikenal banyak orang hingga sampai ke Indonesia.

Demikian penjelasan mengenai asal usul bra atau BH. Kini rasa penasaran anda terhadap bra sudah terjawab dengan jelas pada artikel ini. Mulai sekarang jangan bingung lagi ingin menyebutnya bra, BH, atau dengan sebutan lainnya sebab maknanya sama saja.

Dapatkan BH dan pakaian dalam terbaik anda di Pusat Grosir. Kami menyediakan berbagai macam merk dan model BH yang terbuat dari bahan terbaik. Segera hubungi kami melalui kontak yang tersedia.

Whatsapp Icon