Phone Icon
0813 3413 4186

Apa itu Miniset ? Sudahkah Mengajarkan Anak untuk Menggunakannya?



Masa Pubertas ditandai dengan adanya perubahan pada anggota tubuh. Pada fase ini banyak hal-hal tak terduga yang mungkin akan ditanyakan anak kepada sang Ibu. Sebagai orang tua tentu harus memiliki pandangan yang luas supaya tidak salah dalam menjawabnya.
Salah satu perubahan yang terjadi adalah perubahan pada payudara anak perempuan. Ibu yang bijak akan membelikan anaknya miniset tanpa harus diminta oleh anaknya. Sebab miniset sangat penting selama masa pubertas berlangsung.
Sudah tahukah apa itu miniset, fungsi, jenis dan bagaimana cara memperkenalkan miniset kepada anak perempuan yang sedang puber di usia 8 hingga 14? Yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu Miniset?


Miniset menurut website hallosehat.com adalah bra tanpa kawat dan tanpa busa dengan karet tebal pada bagian lingkar tubuh sebagai penyangga. Bahan yang digunakan untuk membuat miniset sangat beragam. Namun, lebih baik yang berbahan lembut dan dingin supaya nyaman untuk digunakan.

Fungsi Miniset


Berikut ini fungsi dari miniset yang harus Bunda ketahui adalah :
Berfungsi sebagai pelindung puting dan payudara yang mulai sensitif akibat sedang dalam masa pubertas
1. Untuk menopang payudara dan supaya terhindar dari goncangan
2. Menjadikan payudara kencang alias tidak kendur
3. Menjadikan anak perempuan lebih nyaman dalam keseharian

Cara Menjelaskan dan Mengajarkan Anak Menggunakan Miniset


Ada nih sebagian Bunda yang masih kesulitan saat menghadapi anak perempuan yang sedang dalam masa transisi. Namun, sebagai Bunda yang cerdas sebaiknya lebih memahami dan mampu menghadapi situasi ini dengan baik.
Bunda dapat memulainya dengan menjelaskan apa itu pubertas, bagaimana perubahan yang terjadi dan fungsi menggunakan miniset. Jelaskan dengan hati-hati supaya anak tidak merasa bingung saat menggunakannya.
Jelaskan terlebih dahulu kondisi payudara akan jauh lebih nyaman saat menggunakan miniset. Selain itu, miniset akan menjaga payudara agar kencang pada awal pertumbuhan. Apabila tidak menggunakannya kemungkinan menimbulkan rasa tidak nyaman berkepanjangan.
Miniset adalah bra tanpa kawat dan tanpa busa yang disertai dengan karet tebal pada bagian ingkar tubuh yang digunakan sebagai penyangga. Model miniset sangat beragam, begitu juga dengan warna dan motifnya. Yang pasti anak pasti tertarik untuk menggunakan miniset.
Mengajarkan anak untuk menggunakan miniset juga menjadi langkah yang tepat supaya anak dapat beradaptasi dengan mudah saat nanti akan menggunakan bra saat payudaranya membesar.

Perhatikan kondisi pertumbuhan payudara


Bunda yang cerdas harus mengetahui model dan fungsi bra yang berbeda-beda. Misalnya saat usia pubertas telah terlewat, puting anak akan tumbuh dengan sempurna, mulai berat, padat dan berisi.
Pada masa transisi ini, Bunda dapat menyarankan anak untuk menggunakan miniset dengan cup yang elastis. Pilih yang paling nyaman dengan motif dan warna sesuai kesukaan anak.
Nantinya saat sang anak sudah tumbuh semakin dewasa, sarankan untuk menggunakan bra berkawat dengan ukuran yang sesuai. Hindari memilih ukuran yang tidak tepat supaya terhindar dari penyakit yang berbahaya.
Salah satu penyakit yang sering mengintai adalah kanker payudara. Yang paling ringan yaitu nyeri pada dada dan lingkar dada. Bra yang terlalu besar membuat pergerakan payudara menjadi tidak terkendali.

Jenis Miniset untuk Anak Perempuan


Apabila diperhatikan sekilas saja, miniset ini mirip seperti sport bra. Terbuat dari bahan kaos yang lembut, menyerap keringat dan tidak menggunakan kawat.
1. Miniset Olahraga
Miniset olahraga digunakan untuk remaja yang gemar berolahraga. Terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat dan melindungi puting agar tidak lecet saat berolahraga.
2. Bralette
Desain miniset ini jauh lebih feminim, terdapat renda mungil pada bagian tali miniset. Berbeda dengan miniset olahraga yang hanya polos saja tanpa adanya renda.
3. Miniset rata tanpa busa
Terbuat dari bahan kaos dengan desain rata pada atas dada dan tidak menggunakan busa. Jenis miniset ini menawarkan fitur untuk melindungi payudara lebih sehat.
4. Miniset Pengait
Modelnya mirip seperti bra dewasa. Hanya saja menggunakan bahan katun dan terdapat besi kecil dibagian belakang yang berfungsi sebagai pengait. Terdiri dari pilihan warna yang beragam dan sangat menarik untuk digunakan anak perempuan yang sedang puber.

Cara penggunaannya ada beberapa cara, yang pertama lewat kepala yang langsung dimasukkan seperti saat anak memakai kaos. Cara lainnya adalah menggunakan pengait yang langsung dilingkarkan pada dada.
Berikan pemahaman sebaik mungkin supaya buah hati bunda bersedia menggunakan miniset hingga masa pubertasnya terlewati secara sehat dan kencang!

Pusat Grosir menyediakan berbagai jenis pakaian dalam untuk anak maupun dewasa karena kami adalah distributor pakaian dalam terlengkap di Surabaya. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Whatsapp Icon