Wanita Harus Menggunakan Ukuran BH yang Tepat, Begini Caranya!
Phone Icon
0813 3413 4186

Wanita Harus Menggunakan Ukuran BH yang Tepat, Begini Caranya!


ukuran bh, ukuran bra, mengukur bh, mengukur ukuran bra


Mengetahui ukuran bra atau BH yang tepat sangat penting bagi wanita. Tapi apakah kamu tahu manfaat kesehatan dari bra?

Sebuah studi menemukan bahwa 80% wanita memakai ukuran bra yang salah. Hingga 70% memakai bra yang terlalu ketat. Pada saat yang sama, 10% wanita memakai bra yang terlalu besar. Bra yang salah dapat menyebabkan nyeri punggung, postur tubuh yang buruk, dan bahkan kerusakan saraf.

Jenis-jenis BH


Gunakan bra yang terbuat dari bahan yang paling nyaman karena kenyamanan diutamakan. Jangan memilih bra hanya karena bentuknya yang indah. Yuk, pilih jenis bra yang sesuai kebutuhan!

Full Cup BH


Perempuan yang memiliki payudara besar biasanya menggunakan full cup bra. Agar bisa menopang payudara dengan baik, para perempuan dengan payudara besar bisa menggunakan full cup bra.

Demi Cup BH


Jika tadi perempuan dengan payudara besar dapat menggunakan full cup bra, maka perempuan dengan payudara kecil dapat menggunakan demi cup bra.

Half Cup BH


BH ini memiliki cup dengan potongan setengah dan biasanya digunakan oleh perempuan dengan payudara lebih kecil. Dengan menggunakan jenis bra ini, payudara akan terlihat terisi penuh dan kencang.

Sport BH


Sport BH digunakan para perempuan ketika sedang berolahraga. Tujuannya agar dapat menopang payudara lebih baik ketika melakukan aktivitas olahraga yang banyak bergerak dan guncangan.

Miniset


Ketika remaja putri memasuki masa pubertas, biasanya ia menggunakan bra jenis miniset ini. Jenis bra ini simpel dan biasanya berbahan kaos yang mudah menyerap keringat, sehingga nyaman untuk remaja.

Push-Up BH


Push-up bra ini memiliki fungsi mengangkat payudara sehingga terlihat berisi atau penuh. BH ini cocok untuk digunakan para wanita dengan payudara kecil.

Maternity BH


Untuk para ibu menyusui, biasanya menggunakan bra jenis maternity BH ini. Bra ini memiliki keelastisan sehingga memudahkan ibu menyusui.

Strapless BH


Sesuai dengan namanya, bra ini didesain tanpa menggunakan tali. Biasanya bra ini digunakan ketika para perempuan mengenakan dress tanpa bahu.

Cara Mengukur BH yang Tepat


Memilih ukuran bra yang tepat memang tidak mudah. Banyak wanita yang memiliki ukuran bra yang salah, entah itu cup yang terlalu kecil atau cup yang terlalu besar. Sebelum kamu memutuskan untuk membeli bra, sebaiknya kamu mengecek ukurannya dengan melakukan pengukuran terlebih dahulu.
Untuk menemukan bra yang tepat, kamu perlu mengukur payudara, badan, dan volume payudaramu. Ukuran lingkar dada dan lingkar badan menentukan nomor ukuran bra sebelumnya, seperti 32, 34 atau 36. Sedangkan volume payudaramu menentukan ukuran cup bra, misalnya cup A, B, dan C.

Ukur payudara bagian bawah atau under bust


Secara umum, saat menentukan ukuran bra, kamu juga harus mengukur area dada bagian bawah, yaitu under bust. Kamu dapat melakukan ini dengan melingkarkan pita pengukur di bawah payudaramu dan melihat ukurannya.

Ukur payudara bagian atas atau top bust


Lingkarkan pita pengukur di sekitar area payudara bagian atas yang sejajar dengan puting. Angka yang kamu dapatkan harus lebih besar dari ukuran dada yang diukur sebelumnya. Saat mengukur dengan pita pengukur, pastikan tidak terlalu kencang atau terlalu longgar.

Cara ukuran cup yang sesuai


Untuk mengetahui ukuran cup bra, kurangi ukuran top bust dengan underbust. (Top bust Under bust + 2 cm = Cup Size).

Tabel Ukuran BH dan Cup


Berikut ukuran BH dan Cup-nya:






























Ukuran Underbust Ukuran Bra
63-67 cm 30
68-72 cm 32
73-77 cm 34
78-82 cm 36
83-87 cm  38
88-92 cm 40


Ukuran Cup























































Cup Size Ukuran Cup
10-11 cm AA
12-13 cm A
14-15 cm B
16-17 cm C
18-19 cm D
20-21 cm E
22-23 cm F
24-25 cm G
26-27 cm H
28-29 cm I
30-31 cm J
32-33 cm K


Tanda BH yang Nyaman Dipakai


Kamu harus lebih berhati-hati saat memilih bra. Tidak hanya dari segi bahan, ukuran dan harga, tapi juga cocok atau tidaknya bra tersebut. Berikut tanda bahwa BH yang kamu pakai nyaman digunakan.

Tali di bagian depan dan belakang memiliki ketinggian yang sama


Tali jangan terlalu rendah dan terlalu ingin. Jika terlalu tinggi, kendurkan talinya. Namun jika talinya kencang atau longgar dan kamu merasa tidak nyaman, berarti bra tersebut tidak pas.

Talinya tidak terlalu kencang


Tujuan dari tali bra adalah untuk menahan payudara pada tempatnya. Oleh karena itu, harus pas di bahu, tidak mudah lepas dan meninggalkan bekas yang tidak nyaman di bahu.

Dada berada di posisi tengah antara dada dan siku


Coba lihat diri kamu di cermin dari samping. Apakah posisi dada terlalu tinggi atau terlalu rendah? Posisi yang paling cocok adalah di tengah antara bahu dan siku. Jika terlalu rendah, kamu mungkin memerlukan bra yang lebih mendukung

Tidak ada ruang di cup atau terlalu penuh


Kenakan atasan atau kemeja yang pas. Jika payudaramu menonjol dari cup, cobalah bra yang lebih besar. Namun, jika garis cup sangat jelas, carilah ukuran bra yang lebih kecil.

Posisi kedua payudara harus sejajar antara tulang dada


Saat mengenakan bra, pastikan posisi dada berada di tengah dan sejajar. Tidak ada yang lebih terlihat besar atau lebih kecil.

Selalu gunakan kait yang paling longgar


Bra meregang seiring waktu. Namun jika kamu menggunakan pengait pada tingkat yang paling ketat, kamu memakai bra yang tidak pas. Mulailah dengan kait yang paling longgar agar tidak mudah kendor.
Sekarang kamu bisa mengetahui ukuran bramu dengan perhitungan yang benar. Ukuran ini hanya membantu kamu menentukan ukuran bra terdekat, karena setiap bra memiliki ukuran yang berbeda, kamu tetap perlu menyesuaikannya dengan ukuran payudaramu. Sekarang kamu tidak perlu takut salah memilih ukuran bra lagi, bukan?

Dapatkan bra dan pakaian dalam terbaik anda di Pusat Grosir. Kami menyediakan berbagai macam merk dan model bra yang terbuat dari bahan terbaik. Segera hubungi kami melalui kontak yang tersedia.

Whatsapp Icon