Cara Mencuci Pakaian Dalam di Mesin Cuci | Pusat Grosir
Phone Icon
0813 3413 4186

Cara Mencuci Pakaian Dalam di Mesin Cuci


Mencuci Pakaian Dalam di Mesin Cuci


Seperti yang kita ketahui, cara terbaik untuk mencuci pakaian dalam adalah dengan tangan. Namun, tentunya tidak semua orang memiliki waktu luang untuk mencuci pakaian dalam dengan tangan. Mau tidak mau, Anda harus mempercayai mesin cuci.
Mesin cuci otomatis membuat segalanya lebih mudah. Langkah yang harus dilakukan yaitu dengan cara memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci, selanjutnya menambahkan deterjen, serta memilih cara pencucian yang tepat. Mesin cuci semi otomatis juga merupakan peralatan hemat energi untuk setiap rumah.
Dengan menggunakan mesin cuci, anda akan lebih banyak waktu untuk hal lain. Langkah-langkah mencuci di mesin cuci yaitu masukkan pakaian kotor Anda, tambahkan deterjen dan air bersih dalam jumlah yang tepat, kemudian mesin cuci akan mulai mengaduk pakaian Anda untuk menghilangkan kotoran dari serat. Namun, ada langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.
Eit, tapi jangan salah, mencuci celana dalam di mesin cuci tidak boleh asal-asalan, lho. Ada triknya, karena celana dalam memiliki jenis bahan yang mudah melar. Mencuci di mesin cuci caranya cenderung kasar sehingga hal ini dapat merusak serat-serat kain pakaian dalam seperti celana dalam dan bentuk bra dapat berubah. Lihat lebih banyak tips mencuci pakaian dalam di mesin cuci. Ayo lihat ke bawah!
Silahkan baca tips mesin cuci berikut untuk mengetahui secara detail cara menggunakan mesin cuci!

Sortir pakaian


Sebelum dicuci, pisahkan celana dalam berbahan fleece dari pakaian lain yang cenderung berbahan berat, seperti jeans. Ini penting karena bisa merusak karet dan tekstur bahan celana dalam. Jika ingin memadukannya dengan pakaian lain, sebaiknya pilih item dengan bahan ringan seperti sifon atau satin. Selain itu, celana dalam juga sebaiknya dipisahkan berdasarkan warna untuk mencegah warna memudar pada celana dalam.

Periksa petunjuk pencucian


Mesin cuci merupakan alat listrik yang sudah tidak asing lagi bagi kita, apalagi jika kita tinggal di perkotaan. Saat ini, jika mesin cuci tiba-tiba rusak, akan membuat kita pusing tujuh kali. Pakaian kita akan menumpuk karena keterbatasan waktu antara jam kerja kantor dan jam kerja rumah tangga. Apalagi kalau di rumah banyak anggota keluarga atau penghuni makin banyak pakaian yang harus dicuci!
Untungnya, seiring perkembangan zaman, teknologi yang semakin canggih membuat mencuci pakaian dengan mesin menjadi lebih cepat dan nyaman.
Namun ada hal dan kebiasaan yang perlu kita lakukan agar mesin cuci kita tetap kuat dan awet, secanggih apapun mesin cuci tersebut.
Seperti pakaian lainnya, pakaian dalam seringkali dilengkapi dengan label perawatan. Silakan baca petunjuk perawatan dengan hati-hati. Secara umum, Anda disarankan untuk mencuci pakaian dalam, terutama bra, dengan tangan. Jika terlalu sering dicuci di mesin cuci, bentuk cup bra akan cepat rusak dan tali bra cepat melar.

Gunakan pencuci khusus


Hal pertama yang harus dilakukan saat mencuci di mesin cuci adalah jangan menggunakan detergen terlalu banyak. Mungkin Anda masih percaya bahwa semakin banyak detergen yang Anda tuangkan, pakaian Anda akan semakin bersih dan wangi. Padahal, menggunakan detergen terlalu banyak belum tentu membuat pakaian Anda lebih bersih. Akan ada terlalu banyak buih sabun untuk menghambat proses pembersihan pakaian secara menyeluruh.
Hasil? Pakaian yang Anda cuci justru akan semakin kotor. Kelebihan busa dari penggunaan deterjen yang terlalu banyak akan meninggalkan residu lengket yang akan menarik lebih banyak kotoran, debu, dan kuman ke pakaian Anda. Itu sebabnya terlalu banyak menggunakan detergen saat mencuci membuat pakaian lebih cepat luntur, terasa kaku, dan mudah berbau apek.
Gunakan mode pencucian yang tepat
Pakaian dalam sudah siap untuk dicuci, sekarang saatnya menyetel mode mesin cuci yang sesuai. Mesin cuci seringkali hadir dengan berbagai pilihan untuk Anda atur sendiri. Selalu pilih siklus paling lambat untuk pakaian dalam Anda, seperti mode halus atau wol. Pencucian yang terlalu kuat dan kasar dapat merusak serat kain celana dalam.

Gunakan suhu air yang sesuai


Air panas tidak selalu bisa membantu membersihkan dan membunuh kuman dari pakaian super kotor.
Saat hendak mencuci kaos kaki kotor, disarankan menggunakan air dingin. Mengapa?
Karena kotoran di kaus kaki Anda berasal dari keringat. Keringat mengandung protein yang tidak dapat dihancurkan oleh air panas.
Jadi mulai sekarang, cucilah kaus kaki kotor dengan air sabun yang dingin, oke?

Gunakan siklus pencucian yang tepat


Mesin cuci jaman sekarang sudah dilengkapi dengan pengering, sehingga tidak perlu lagi menjemur pakaian.
Enaknya, tidak perlu berpanas-panas di luar rumah untuk menjemur pakaian di siang hari. Bagi Anda yang memiliki mesin cuci dengan pengering seperti itu, jangan terlalu lama menggunakannya.
Sebaiknya ikuti petunjuk penggunaan untuk menghemat listrik dan tidak merusak pakaian Anda.

Gunakan bag atau jaring pakaian


Untuk mengurangi resiko celana dalam Anda cepat rusak, sebaiknya gunakan tas laundry berbahan jaring atau tas laundry berbahan jaring khusus untuk celana dalam Anda. Jaring ini dibuat khusus untuk melindungi pakaian dalam Anda dari kerusakan tekstur dan karet yang cepat meregang. Selain itu, tas ini juga dapat menampung perubahan bentuk cup bra Anda.

Jangan overload mesin cuci


Hampir setiap pengguna mesin cuci pernah memasukkan begitu banyak pakaian kotor ke dalam mesin cuci. Ini akan membebani mesin listrik. Jika beban lebih ini dilakukan secara terus menerus, maka mesin listrik akan rusak. Pakaian Anda juga akan cepat rusak karena tersangkut dan kusut. Baca buku panduan untuk mengetahui kapasitas maksimum mesin cuci Anda! Usahakan agar muatan cucian tetap di bawah kapasitas maksimumnya.

Pilih detergen dengan formula yang lembut


Pencucian pakaian dalam yang sembarangan di mesin cuci tidak diperbolehkan, termasuk pemilihan detergen yang digunakan. Karena bahannya tipis dan elastis, gunakan detergen dengan formula lembut untuk mencuci celana dalam Anda. Sebaiknya pilih detergen cair, karena detergen bubuk dapat meninggalkan sisa butiran pada pakaian dalam Anda.

Dapatkan bra dan pakaian dalam terbaik anda di Pusat Grosir. Kami menyediakan berbagai macam merk dan model pakaian dalam yang terbuat dari bahan terbaik. Segera hubungi kami melalui kontak yang tersedia.

Whatsapp Icon